Raih Juara I BKR Tingkat Nasional, Bupati Sukiman Sebut Ini Berkat Gotong Royong dan Kebersamaan Masyarakat

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, ikut menghadiri syukuran di Desa Kota Baru, Kecamatan Kunto Darussalam, atas dua prestasi ‎membanggakan diraih daerahnya di tingkat Nasional serta 1 tingkat Provinsi Riau.

Kedua gelar juara yang diraih Kabupaten Rohul, yakni mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional juara pertama nasional Lomba Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) yang diraih BKR Sahabat Setia Desa Kota Baru, Kecamatan Kunto Darussalam, diketuai Indah Walistyananya SPd.

Atas prestasi tersebut, ‎Indah yang merupakan tenaga pendidik di SDN 008 Kunto Darussalam, Kota Baru berhak menerima piala dan piagam penghargaan‎ diserahkan oleh Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, di acara Jambore Puncak Harganas di Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), digelar 5-7 Juli 2018.

Kemudian, Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara, berhasil raih juara Prakarti Madya III Tingkat Nasional, sebagai Pelaksana terbaik PHBS Kategori Kabupaten Tahun 2018 Dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Manado, Sulut.

Kemudian, di Gedung Idrus Tin-tin Pekanbaru, Rohul raih juara I Parada Tari. Bentuk rasa syukur atas prestasi tersebut, masyarakat Desa Kota Baru gelar syukuran yang dihadiri Bupati Rohul Sukiman, Penjabat Sekda Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, para Kepala Dinas dan Kepala Badan di lingkungan Pemkab Rohul, Camat dan Upika Kunto Darussalam.

Selain itu, Juga hadir Kepala Desa dan Lurah serta perangkat desa se-Kunto Darussalam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Organisasi Wanita, Anggota BKR Sahabat Setia dan remaja di Kecamatan Kunto Darussalam.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan, dengan terpilihnya BKR Sahabat Setia Desa Kota Raya sebagai juara pertama di tingkat nasional merupakan hasil kerja keras BKR dan dukungan segenap masyarakat, dan atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Termasuk prestasi juara di bidang PHBS yang diraih Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara cukup membanggakan bagi Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Rohul sendiri, juga lomba Tari tingkat Provinsi Riau.

Jelas Bupati Sukiman, keberhasilan di tingkat nasional tidak terlepas dari kebersamaan dan gotong rotong diterapkan seluruh instansi yang ada selama ini. Diakuinya, bahkan sampai-sampai dirinya mendesak seluruh pimpinan OPD terkait untuk turun langsung ke Desa Bangun Jaya.

“Hasilnya terpilih sebagai juara nasional, sehingga kunci keberhasilan yakni kebersamaan dan gotong royong," jelas Bupati Rohul Sukiman.

Bupati Sukiman mengatakan, untuk mensukseskan Lomba BKR dan PHBS tingkat nasional memang harus dilakukan dengan kerjasama dan gotong royong, sehingga program kerja tidak terasa berat.

Setiap instansi yang terlibat juga punya peran masing-masing, ada yang membuat taman, bersihkan parit, penghijauan, dan sarana penunjang kebersihan lainnya.

Bupati mengaku salut dan bangga, dengan Bumdes di Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam. Bumdes yang awalnya bermodal Rp 450 juta, kini asetnya ‎sudah mencapai sekira Rp16 miliar.

“Karena rakyatnya, pamongnya rukun semua. Ini harus dicontoh bagi desa lainnya," imbau Bupati Sukiman.

Di kesempatyan itu, Bupati Rohul H. Sukiman juga memuji Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul yang meraih juara pertama di Parade Tari Daerah di tingkat Provinsi Riau. Ia juga berharap, di lomba tingkat nasional yang akan digelar Agustus 2018, Kabupaten Rohul kembali meraih juara nasional untuk Parade Tari Daerah.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati Sukiman dalam sambutannya melaporkan, 7 Juli 2018 sejumlah pengurus, termasuk dirinya ikut menghadiri puncak Harganas 2018 di Manado, Sulut.

Hj Peni mengaku sangat bangga, karena di perhelatan tingkat nasional tersebut, Kabupaten Rohul yang mewakili Provinsi Riau menyabet dua juara membanggakan, yakni Lomba Kelompok BKR dan PHBS.

Sebut Peni lagi, diajang lomba Kelompok BKR dan PHBS, Tim Penggerak PKK Rohul bekerjasama dengan BKKBN dengan PKK Provinsi Riau.

"Atas kedua prestasi yang diraih juga tidak lepas dari dukungan bapak Bupati Rokan Hulu. Dimana semua tim, baik dari PKK maupun Satker terkait, terus bekerja siang maupun malam," ungkap Peni.

“Mari kita tingkatkan kekompakan kita dan bekerja keras, jangan mengenal lelah demi kemajuan daerah kita, sebab tanpa didasari dengan kekompakan dan kerja keras kita tidak bisa meraih sesuatu seperti apa yang kita cita-citakan,” Harap Hj Peni Herawati Sukiman

 

Syukuran di Aula Rumah Dinas.

Sebelumnya, pada Selasa (10/7/2018) malam, di aula rumah dinas Bupati Rohul, juga digelar sykuran, atas tiga penghargaan yang diraih. Dua diantaranya, penghargaan nasional dan satu tingkat Provinsi namun nantinya akan jadi duta Riau diajang lomba tingkat Nasional untuk parade tari.

Disyukuran tersebut, selain hadir Bupati Rohul H Sukiman, juga dihadiri Pj Sekda Rohul H Abdul Haris, Kapolres, Kajari, Ketua PN Pasir Pengaraian dan pejabat Forkompinda lainnya serta para Kepala dinas, badan dan kantor, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, serta tamu undangan lainnya. (ADV/Humas Pemkab Rohul)